Dalam rangka pelaksanaan resertifikasi Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan ISO 21001:2018 dan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015 di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun tahun 2023, telah dilakukan audit eksternal oleh auditor independen dari Equal Assurance pada 8 Juni 2023.

Kegiatan audit dibuka oleh Dr. Yuwono Wiarco, S.Si.T., M.T. selaku direktur Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Ainur Leksono dan Fadjar Nugroho selaku auditor dari Equal Assurance. Beberapa hal yang dibahas dalam rapat pembukaan audit yaitu terkait penegasan jenis audit, kriteria audit, dan ruang lingkup audit, peran, kerahasiaan, ketidakberpihakan dan persyaratan keamanan untuk anggota tim audit, konfirmasi rencana audit, metode audit dan gaya audit yang akan diterapkan, dasar pengambilan sampel audit dan ketidakpastian hasil audit, pentingnya keterlibatan manajemen, metode pelaporan audit (yaitu : peringkat risiko temuan audit dan tingkat keyakinan atas sistem manajemen), metode penarikan kesimpulan audit, dan hak banding atas temuan audit.

Selanjutnya dilakukan kegiatan audit yang mencakup diskusi dengan manajemen dan unit terkait, diskusi masalah signifikan, perkembangan temuan audit sebelumnya, perkembangan kegiatan yang direncanakan untuk peningkatan berkelanjutan, peninjauan kegiatan operasional, pemeriksaan dokumen dan catatan yang relevan, dan pembahasan oleh tim audit.

Setelah kegiatan audit berakhir, dilakukan rapat penutupan yang membahas konfirmasi ulang jenis audit, kriteria audit, ruang lingkup audit dan persyaratan kerahasiaan dan ketidakberpihakan anggota tim audit, ringkasan lokasi dan unit yang dikunjungi, setiap penyimpangan material dari rencana audit, dasar pengambilan sampel audit dan ketidakpastian hasil audit berikutnya, temuan audit utama dan peringkat risiko, tingkat keyakinan sistem manajemen, kesimpulan pemeriksaan, dan hak banding atas temuan audit.

Berdasarkan hasil audit yang telah dilakukan, auditor menyimpulkan bahwa Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun dapat direkomendasikan Re-sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001:2018 dari Equal Assurance.

Diskusi Auditor dengan Manajemen (Direktur PPI Madiun)

Pelaksanaan Audit pada Prodi Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian (TBJP)

Pelaksanaan Audit pada Unit Laboratorium

Pelaksanaan Audit pada Unit Asrama

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *