Dalam rangka mewujudkan Pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing serta mengoptimalkan pemahaman terkait Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, tim Satuan Penjaminan Mutu Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun (PPI MADIUN) menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Politeknik Transportasi Darat Bali di B Hotel Bali pada hari Senin s.d Rabu Tanggal  9 s.d 11 Oktober 2023.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan Tim Penjaminan Mutu perguruan tinggi matra darat dibawah Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat yaitu di PTDI-STTD, PKTJ TEGAL, PPI MADIUN, POLTEKTRANS SDP PALEMBANG, dan POLTRADA BALI. Kegiatan FGD penjaminan mutu pendidikan tinggi bertujuan untuk memahami makna Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023. Satuan penjaminan mutu diharapkan mampu melaksanakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi agar dapat menghasilkan lulusan kompeten dan siap berkerja serta dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Kegiatan dibuka oleh Dr.Ir. Efendhi Prih Raharjo, S.T.,S.SiT,M.T selaku Direktur Politeknik Transportasi Darat Bali dan Wahyu Hapsoro M.MTr. selaku PLT Kepala Pusat Pengembangan SDM Perhubungan Darat.

Pembukaan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Tahun 2023

Selanjutnya dilaksanakan sesi sharing dan diskusi oleh narasumber dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) yaitu Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc selaku direktur eksekutif dan Prof. Dr. Slamet Wahyudi, S.T., M.T selaku Anggota Dewan Eksekutif BAN-PT.  Adapun hal yang menjadi topik pembahasan dalam sesi sharing dan diskusi yaitu terkait dengan transformasi standar nasional dan akreditasi menuju perguruan tinggi vokasi kelas dunia serta pembahasan terkait dengan transportasi standar nasional dan akreditasi perguruan tinggi dan program studi.

Diskusi terkait dengan transformasi standar nasional dan akreditasi menuju perguruan tinggi vokasi kelas dunia oleh Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT)

Setelah kegiatan diskusi berakhir, dilanjutkan dengan dengan penyerahan cindera mata dari Dr.Ir. Efendhi Prih Raharjo, S.T.,S.SiT,M.T selaku Direktur Politeknik Transportasi Darat Bali kepada Prof. Dr. Ari Purbayanto, M.Sc selaku perwakilan narasumber BAN-PT. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan penyusunan LKPS dan LED yang diikuti oleh seluruh prodi di Politeknik Transportasi Darat Bali yaitu D-III Manajemen Transportasi Jalan, D-IIII Teknologi Otomotif, dan D-III Manajemen Logistik.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *